Selamat Datang di Blog Dimas Purbo W.F.P Semoga anda senang

PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA MELALUI JALUR PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2010/2011

I. Pendahuluan
Dalam rangka memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan sesuai batas waktu yang ditentukan, maka perlu adanya proses seleksi. Sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Udayana terdiri dari 2 (dua) sistem seleksi, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). SNMPTN dilaksanakan secara serentak oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia sedangkan PMDK Universitas Udayana dilaksanakan secara mandiri.
Prestasi yang dipertimbangkan dalam seleksi PMDK adalah prestasi akademik dan ekstra-kurikuler termasuk prestasi bidang olahraga dan seni. PMDK-UNUD tahun ini terdiri dari 2 (dua) jalur, yaitu Jalur Umum dan Jalur Khusus. Jalur Umum dibuka untuk semua program studi dan diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK tiga tahun terakhir (2008, 2009 dan 2010) yang mempunyai prestasi akademik atau ekstra kurikuler tertinggi di sekolah atau di luar sekolah. Prestasi yang menonjol di bidang akademik maupun ekstra kurikuler dari siswa-siswa di SMA/SMK merupakan prediktor keberhasilan yang baik bagi seseorang di Perguruan Tinggi. Jalur Khusus pada tahun ini hanya dibuka untuk Program Studi Kedokteran Umum dan diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK tiga tahun terakhir (2008,2009 dan 2010) yang memiliki kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik. Persyaratan seleksi Jalur Khusus pada umumnya sama dengan seleksi Jalur Umum ditambah dengan beberapa tambahan persyaratan khusus.
II. Persyaratan Umum
2.1
Setiap siswa SMA/SMK diperkenankan mengikuti seleksi PMDK UNUD, asalkan nilai setiap mata pelajaran pada rapor yang disyaratkan tidak kurang dari 6,0 dan selama menjadi siswa tidak pernah tidak naik kelas. Khusus untuk pilihan Program Studi Arkeologi, Antropologi Budaya, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Bali, Bahasa dan Sastra Jawa Kuna diperbolehkan nilai 5,0 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
2.2
Siswa yang mendapatkan prestasi Olimpiade Tingkat Internasional/Nasional Bidang Studi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, dan lainnya yang sesuai dengan program studi pilihan dapat dipertimbangkan lulus seleksi secara langsung oleh Panitia Seleksi dengan Surat Keputusan Rektor.
2.3
Mengisi Formulir Seleksi (Lampiran 1) secara lengkap dengan menggunakan tinta hitam dan huruf kapital, serta telah mendapat persetujuan dari orang tua/wali siswa dan diketahui oleh Kepala Sekolah dengan membubuhkan tanda tangan dan stempel sekolah.
2.4
Setiap siswa SMA/SMK hanya diperkenankan memilih satu Program Studi (Lampiran 2) melalui jalur PMDK
2.5
Mengisi Form Surat Pernyataan Kesediaan Membayar Biaya Pendidikan (Lampiran 3)
2.6
Melampirkan fotocopy rapor kelas X (semester 1 dan 2), Kelas XI (semester 1 dan 2) dan kelas XII (semester 1), yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
2.7
Siswa SMA/SMK yang masih menggunakan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) nilai rapor yang digunakan hanya nilai kognitif saja (dalam bentuk numerik / angka).
2.8
Mengisi Kartu Kendali dan Tanda Peserta PMDK 2010 (Lampiran 10).
2.9
Setiap siswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,- (Tiga ratus ribu rupiah) yang disetor/ditransfer ke Rekening Rektor Universitas Udayana Nomor : 145-00-0512598-0 pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Lembar asli bukti setoran/transfer uang dilampirkan pada berkas lamaran.
2.10 Melampirkan surat keterangan sehat (asli) dari dokter.
1
III. Persyaratan Tambahan
3.1
Setiap peserta harus mengikuti ujian tulis Tes Potensi Akademik dan Tes Prestasi Akademik Universitas Udayana sesuai jadwal. Tes Prestasi Akademik bidang IPA terdiri atas : Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA Terpadu. Tes Prestasi Akademik bidang IPS terdiri atas : Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia dan IPS Terpadu.
3.2
Siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu (secara ekonomi) agar mengisi Surat Pernyataan Berasal dari Keluarga Tidak Mampu (Lampiran 4) untuk pertimbangan usulan pemberian beasiswa dan pembebasan biaya-biaya lainnya (Lampiran 3). Setiap Fakultas menyediakan beasiswa dari beberapa sumber dan pembebasan biaya untuk siswa berprestasi dan tidak mampu.
3.3
Siswa yang berminat pada Program Studi : Kedokteran Umum, Ilmu Keperawatan, Psikologi, Kedokteran Hewan, Agroekoteknologi, Farmasi, Biologi, Kimia, Fisika, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Ilmu dan Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, Teknik Pertanian harus melampirkan Surat Keterangan Asli dari Dokter Spesialis Mata yang menyatakan tidak buta warna.
3.4
Siswa yang berminat pada Program Studi Ilmu Keperawatan memiliki tinggi badan tidak kurang dari 160 cm untuk putra dan 155 cm untuk putri, serta tidak cacat fisik atau ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran proses belajar.
3.5
Mengisi Form Surat Pernyataan Kesediaan Aktif pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Udayana, khusus untuk PMDK Jalur Umum/Khusus Prestasi Olahraga/Seni (Lampiran 5)
IV. Kriteria Penilaian
4.1
Penilaian dilaksanakan dengan penyusunan peringkat nilai akhir yang terdiri dari nilai Desk Evaluasi dan nilai ujian tulis Tes Potensi Akademik dan Tes Prestasi Akademik. Nilai Desk Evaluasi adalah nilai-nilai yang terkumpul dari nilai rapor dan ekstra kurikuler. Ketentuan penilaian adalah sebagai berikut.
a.
Nilai Desk Evaluasi (50%)

Jalur Umum/Khusus (Akademik) : 40% prestasi akademik dan 10% prestasi ekstra-kurikuler (termasuk olahraga/seni)

Jalur Umum/Khusus (Olahraga/Seni) : 25% prestasi akademik, 20 % prestasi olahraga / seni, dan 5% prestasi ekstra-kurikuler lainnya.
a.
Nilai Ujian Tulis Tes Potensi Akademik (25%) dan Tes Prestasi Akademik (25%)
b.
Nilai Akhir = Nilai Desk Evaluasi + Nilai Ujian Tes Potensi Akademik + Tes Prestasi Akademik
4.2
Prestasi yang diakui dari kegiatan ekstra-kurikuler dan olahraga / seni adalah prestasi yang diperoleh selama menjadi siswa di SMA/SMK, terdiri atas :
a.
Lomba Karya Tulis Ilmiah
Mendapatkan juara dalam lomba karya tulis ilmiah (baik individu maupun kelompok) yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara, dengan menunjukkan fotocopy piagam penghargaan yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
b.
Lomba Bidang Studi
Lomba bidang studi yang sesuai dengan jurusan atau program studi yang diminati dan penyelenggaraannya diakui kredibilitasnya. Jenis prestasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah keikutsertaan dalam pemilihan pelajar teladan, olimpiade, dan sejenisnya dengan menunjukkan fotocopy piagam penghargaan yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
c.
Kejuaraan Olah Raga/Seni
Meraih prestasi dalam perlombaan bidang olahraga/seni baik individu maupun kelompok pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional maupun internasional, dengan menunjukkan fotocopy piagam penghargaan yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
d.
Partisipasi dalam OSIS / MPK
Siswa yang pernah menjadi pengurus OSIS / MPK sebagai Ketua, Sekretaris, Bendahara (termasuk wakil), atau Ketua Seksi dengan melampirkan fotocopy Surat Keputusan Kepala Sekolah yang telah disahkan atau Surat Keterangan Kepala Sekolah.
2
3
4.3
Prestasi pada 4.2 poin a, b, c, dan d, masing-masing diakui hanya satu, yaitu pada posisi prestasi tertinggi untuk Jalur Umum/Khusus Akademik sedangkan untuk Jalur Umum/Khusus Olahraga/Seni untuk poin c yang dinilai maksimal sepuluh prestasi tinggi.
4.4
Prestasi yang dinilai adalah minimal juara III di tingkat provinsi, nasional, dan internasional serta juara I di tingkat kabupaten/kota.
4.5
Semua bukti fisik pada 4.2 poin a, b, c dan d harus dapat ditunjukkan aslinya pada saat pendaftaran kembali jika telah dinyatakan lulus seleksi.
V. Jadwal Pelaksanaan
5.1
PMDK Universitas Udayana dilaksanakan dalam tiga periode, yaitu Periode April, Mei, dan Agustus.
5.2
Formulir Seleksi dikirim ke sekolah-sekolah mulai Senin, 4 Januari 2010. Formulir dapat diperbanyak (fotocopy) sesuai kebutuhan atau diakses melalui http://www.unud.ac.id.
5.3
Berkas lamaran agar dikirim oleh sekolah/peserta secara langsung atau melalui pos selambat-lambatnya Kamis, 25 Pebruari 2010 (PMDK Periode April), Rabu, 5 Mei 2010 (PMDK Periode Mei), dan Jumat, 13 Agustus 2010 (PMDK Periode Agustus) kepada :
Panitia Seleksi Calon Mahasiswa Melalui Jalur PMDK
Universitas Udayana Tahun 2010
d/a. Biro Administrasi Akademik,
Kampus Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.
5.4
Berkas lamaran yang dikirim agar dilengkapi dengan :
a.
Surat pengantar dari Kepala Sekolah (Lampiran 6)
b.
Daftar nama peminat seleksi untuk pendaftaran secara berkelompok (Lampiran 7)
c.
Rekapitulasi jumlah peminat berdasarkan program studi yang dipilih untuk pendaftaran secara berkelompok (Lampiran 8)
5.5
Setiap pelamar mendapatkan kartu identitas pendaftaran (Lampiran 10) yang dapat diambil langsung oleh pendaftar/perwakilan sekolah sebagai identitas pelamar termasuk tanda ujian tulis, atau dapat diambil langsung selambatnya 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan tes tulis, bila pengiriman berkas melalui pos.
5.6
Ujian Tulis Tes Potensi Akademik dan Tes Prestasi Akademik diselenggarakan Minggu 14 Maret 2010 (PMDK Periode April), Sabtu 8 Mei 2010 (PMDK Periode Mei) dan Jumat 20 Agustus 2010 (PMDK Periode Agustus)
5.7
Pengumuman hasil seleksi PMDK Universitas Udayana direncanakan Jumat 30 April 2010 (PMDK Periode April), Jumat 14 Mei 2010 (PMDK Periode Mei) dan Jumat 27 Agustus 2010 (PMDK Periode Agustus).Pengumuman yang merupakan keputusan akhir hasil seleksi tidak dapat diganggu gugat dalam bentuk apapun. Pengumuman disampaikan secara kolektif ke masing-masing sekolah dan Web Universitas Udayana (http://www.unud.ac.id.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA MELALUI JALUR PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2010/2011"

Posting Komentar